OPTIONALLY LANGUAGE,,,,

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 23 Juni 2011

PIPING WORK

“lateral”
        untuk pertama kalinya tampumargana memposting tentang berbagi pengetahuan dan pengalaman kerja (masih bercerita tanpa suara) ,mudah-mudahan akan berlanjut dan bisa berguna untuk teman-teman yang lagi blogwalking,yang kebetulan berprofesi yang sama.

        Istilah lateral atau pemakaian  nama lateral dalam ilmu pemipaan  bisa di artikan sebagai pencabangan pipa. Atau biasa di sebut “TEE”  yang biasanya memakai sudut di bawah 900 (10- 890) atau lancip.
bagian-bagian dari lateral

        Berbagai rumus dan bagan (template) yang biasa di aplikasikan pada pebuatan lateral.dalam berbagai hal atau pengerjaan lateral ini ada yang sudah dalam bentuk fitting,artinya berbentuk barang jadi dari berbagai industri  pembuat pipa (fitting) tapi pada kesempatan lain kita meski membuat sendiri sesuai dengan dimensi yang di butuhkan di lapangan ( punya spesifikasi khusus).

        Dalam prakteknya lateral ini di pakai pada jalur blowdown(BD) atau pada jalur drain ( DR )  yang pada operation system nya juga tidak menggunakan preasure ( lebih simpelnya mengalir saja) dan penginstalannya juga dengan slope (miring) normalnya 1/500 (sekitar 0.10


        Pada gambar di atas  kita bisa melihat bagian-bagian utama dari lateral tersebut,yaitu header ( jalur utama ) dan branch ( cabang ).


         Lateral ini juga bisa di bagi atas 2 jenis yaitu reducer dan equal. Reducer adalah  OD ( outside Diameter ) dari header dan branch tidak sama di mana header OD>(lebih besar) branch OD.
          Sementara equal adalah OD kedua jalur baik header maupun branch mempunyai ukuran penampang yang sama


reducer lateral



equal lateral


        Pada  posting berikutnya kita akan mencoba membuat template untuk pabrikasi lateral ini dari berbagi ukuran (OD branch dan OD header) sudut lateral , tongkrongi terus tampumargan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

horas!!!! terimakasih sudah berkunjung,tinggalkan komentar anda sebagai kenang-kenangan yang indah dari kedatangan anda.horas